Share of voice (SOV) merupakan salah satu konsep penting dalam dunia pemasaran yang sering menjadi sorotan para praktisi dan peneliti. SOV merujuk pada seberapa besar dan seberapa sering suatu merek atau perusahaan muncul dalam perbincanga n dan perhatian publik dalam industri tertentu. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi konsep Share of Voice dalam marketing dan menggali lebih dalam untuk memahami mengapa hal ini menjadi kunci dalam strategi pemasaran yang sukses.

Apa Itu Share of Voice (SOV)?

Share of voice (SOV) adalah metrik penting dalam dunia pemasaran yang mengukur sejauh mana suatu merek atau perusahaan tampil dalam ruang publik dibandingkan dengan pesaingnya dalam industri yang sama.

share of voice

Dalam istilah sederhana, SOV mengacu pada seberapa besar porsi perbincangan dan perhatian yang diberikan kepada suatu merek dalam perbandingan dengan total perbincangan tentang merek-merek lain di pasar yang sama.

Dalam pengertian SOV, kita dapat memahami bahwa ini bukan hanya tentang seberapa sering merek tersebut disebutkan, tetapi juga tentang bagaimana merek tersebut mempengaruhi percakapan dan pandangan pelanggan tentang industri atau kategori produk tertentu.

SOV sering diukur dalam persentase, dan perbandingan ini dapat mencakup berbagai media dan saluran komunikasi, termasuk media sosial, iklan televisi, radio, cetak, dan lain sebagainya.

Penting untuk diingat bahwa SOV bukan hanya tentang jumlah eksposur, tetapi juga tentang kualitas dan dampak dari eksposur tersebut. Merek atau perusahaan yang memiliki SOV yang tinggi cenderung memiliki pengaruh yang lebih besar dalam membentuk persepsi pasar dan memengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Bagaimana Share of Voice Diukur?

Untuk mengukur Share of Voice (SOV) dengan akurat, perlu dilakukan analisis menyeluruh terhadap sejumlah faktor yang mencakup aktivitas pemasaran dan pemantauan eksposur merek. Berikut adalah dua metode umum yang digunakan untuk mengukur SOV

Pemantauan Media dan Analisis Sentimen

Share of Voice sering kali diukur dengan melacak seberapa sering merek tersebut muncul dalam media sosial, berita online, blog, dan platform online lainnya. Dalam hal ini, perangkat lunak analisis media dapat sangat membantu.

Perangkat ini tidak hanya menghitung frekuensi kemunculan merek, tetapi juga dapat membagi sentimen yang terkait dengan setiap eksposur tersebut, apakah itu positif, negatif, atau netral. Hal ini memberikan pemahaman lebih dalam tentang bagaimana merek tersebut dipandang oleh publik.

Perbandingan dengan Pes konkuren

Untuk mendapatkan perspektif yang lebih bermakna, SOV sering dibandingkan dengan pesaing langsung dalam industri yang sama. Dalam hal ini, perhitungan dilakukan dengan membandingkan jumlah eksposur merek dengan jumlah total eksposur merek-merek pesaing.

Hasilnya diungkapkan dalam bentuk persentase. Misalnya, jika sebuah merek memiliki 30% SOV, itu berarti merek tersebut memiliki 30% dari semua eksposur dalam industri tersebut dalam periode tertentu.

Dalam mengukur SOV, penting untuk mempertimbangkan berbagai sumber data dan saluran komunikasi yang relevan dengan target audiens Anda. Hal ini mencakup media online dan offline, serta pendekatan yang holistik untuk mencakup semua aspek komunikasi merek, termasuk iklan, konten yang dibagikan secara organik, serta peran influencer jika relevan.

Manfaat Share of Voice dalam Bisnis

Share of Voice (SOV) adalah salah satu elemen penting dalam strategi pemasaran yang tidak boleh diabaikan. Dalam dunia yang semakin kompetitif, SOV memiliki peran sentral dalam membentuk citra merek, mempengaruhi perilaku konsumen, dan akhirnya, memengaruhi pangsa pasar.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa SOV menjadi begitu penting dalam dunia pemasaran dan bagaimana penerapannya dapat memberikan keunggulan kompetitif kepada perusahaan.

Share of Voice Memengaruhi Persepsi Pasar

SOV memainkan peran penting dalam membentuk persepsi pasar terhadap suatu merek atau perusahaan. Semakin besar bagian dari percakapan dan perhatian publik yang didominasi oleh merek Anda, semakin besar peluang Anda untuk mengendalikan narasi dan membangun citra merek yang kuat. Sebaliknya, memiliki SOV yang rendah dapat membuat merek terlihat kurang relevan atau kurang diperhatikan oleh konsumen.

share of voice

Dapat Meningkatkan Kesadaran Merek

SOV juga berperan dalam meningkatkan kesadaran merek. Ketika merek Anda muncul secara konsisten dalam berbagai saluran komunikasi, konsumen akan lebih cenderung mengingatnya saat mereka mempertimbangkan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Dengan demikian, memiliki SOV yang tinggi dapat membantu memperluas pangsa pasar Anda dan menciptakan peluang penjualan yang lebih besar.

Menilai Efektivitas Pemasaran Berkat Share of Voice

Dengan mengukur SOV, perusahaan dapat menilai efektivitas kampanye pemasaran mereka. Apakah upaya pemasaran telah berhasil dalam mendominasi perbincangan di pasar? Apakah mereka berhasil menggeser SOV pesaing?

Pertanyaan-pertanyaan ini dapat dijawab melalui pemantauan dan analisis SOV, yang pada gilirannya dapat membantu perusahaan untuk menyesuaikan strategi pemasaran mereka secara lebih efektif.

Mendukung Pengambilan Keputusan Strategis

SOV juga memiliki dampak pada pengambilan keputusan strategis. Melalui pemahaman yang lebih baik tentang posisi merek dalam industri, perusahaan dapat merencanakan langkah-langkah strategis untuk mengoptimalkan eksposur mereka. Hal ini termasuk alokasi anggaran pemasaran, identifikasi peluang untuk kolaborasi dengan influencer, dan penentuan saluran komunikasi yang paling efektif.

Adapun upaya lain jika ingin mendapatkan keputusan bersama terbaik, bisa menggunakan aplikasi project management Supertim yang memiliki fitur pendukung hal tersebut. Terutama penggunaan fitur chat atau diskusi untuk membahas situasi yang terjadi dan mengambil keputusan yang diperlukan. Dengan demikian pengambilan keputusan penting dalam bisnis bisa berjalan lebih efektif dan efisien, kapan saja serta dimana saja diperlukan.

Strategi Meningkatkan Share of Voice

Untuk mencapai kesuksesan dalam dunia pemasaran, penting untuk memiliki Share of Voice (SOV) yang signifikan, yang berarti merek Anda mendominasi perbincangan dalam industri atau kategori produk tertentu. Dengan demikian, berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu meningkatkan SOV Anda:

Optimasi Konten Agar Share of Voice Meningkat

Salah satu cara untuk meningkatkan Share of Voice adalah dengan mengoptimalkan konten Anda. Buat konten yang relevan dan berkualitas tinggi yang dapat menarik perhatian audiens Anda dan meningkatkan eksposur merek Anda.

Investasi dalam Periklanan Online

Menginvestasikan dalam iklan online seperti Google Ads atau iklan media sosial dapat membantu meningkatkan Share of Voice Anda. Dengan beriklan secara strategis, Anda dapat meningkatkan eksposur Anda di platform-platform penting.

share of voice

Pemantauan Terus-Menerus

Pantau terus-menerus Share of Voice bisnis dan perbandingannya dengan para pesaing. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan strategi pemasaran Anda sesuai kebutuhan dan menjaga agar Anda tetap kompetitif.

Share of Voice adalah konsep penting dalam marketing yang membantu merek dan perusahaan memahami sejauh mana mereka memiliki eksposur dalam pasar mereka. Dengan memahami dan meningkatkan Share of Voice, Anda dapat memperkuat kehadiran merek Anda, bersaing lebih baik dengan pesaing, dan mengidentifikasi peluang pertumbuhan yang berharga. Jadi, pastikan untuk mengintegrasikan metrik ini ke dalam strategi pemasaran Anda untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar dalam lingkungan pemasaran yang kompetitif saat ini.

Friska

Seorang penulis artikel berpengalaman dengan dedikasi tinggi untuk menyampaikan informasi yang berharga kepada pembaca. Kombinasi antara pengetahuan akademis dan pengalaman praktis telah memungkinkan saya untuk menghasilkan konten yang informatif dan berkualitas tinggi.

Artikel Terkait

Post a comment

Your email address will not be published.

Supertim.id adalah platform aplikasi manajemen kerja dan kolaborasi tim yang powerful untuk membantu pemilik bisnis atau project owner dalam memantau project dan anggota tim, juga memudahkan anggota tim untuk lebih produktif.